Selasa, 23 September 2014

Backpacker ke Kepulauan Derawan

Majalah National Geographic Traveler mengumumkan 20 tujuan wisata terbaik dunia yang menjadi favorit destinasi oleh para traveler (20 Best of The World 2014). Salah satu pilihan pembaca majalah tersebut, yaitu Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Sebagai Urang Borneo, tentunya tidak ingin buta pengalaman trip ke pradise island itu. So, saya disini akan berbagi pengalaman tentang perjalanan pertama kami ke sana. Semoga bisa menjadi informasi penting bagi kalian yang belum pernah ke kepulauan tersebut dan berbagi pengalaman bagi kalian yang sudah pernah ke sana tentunya

Trip ini kami lakukan pada 15 - 19 Januari 2014, dan sejak November 2013 sudah saya rencanakan semua. Mulai dari mengajak teman-teman yang tertarik untuk ikut serta, sampai browsing tiket-tiket promo..hehe. Alhamdulillah niat saya yang semula akan gabung di sebuah travel agent Wisatakita berubah menjadi backpacker setalah berhasil mengajak 4 teman pemberani dan tiket murah pun berhasil saya dapat.. Hoore !

Pesiapan

Seberapa niat kalian melakukan suatu trip itu bisa dilihat dari persiapan kalian. Semakin matang persiapan maka perjalanan akan semakin mudah. Tips:
1. Waktu terbaik trip ke Kepulauan Derawan adalah pada Bulan Maret - Mei. Karena pada rentang bulan tersebut cuaca (angin) insyallah cukup mendukung. Termasuk musimnya para penyu bertelur
2. Trip menggunakan travel agent tentunya akan lebih “aman”, semua sudah diurus oleh agent. Bagi yang ingin berhemat dan sedikit lebih besar tantangannya yaa..backpacker lah pilihannya
3. Persiapkan Itinerary. Dari itinerary ini kita bisa menentukan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan saat trip, pembagian tugas dan manajemen pengeluaran kita tentunya
4. Jika kalian memilih trip backpacker maka cobalah menghubungi pihak penyedia jasa mobil carter, speedboat dan jika perlu penginapan terutama pada saat-saat musim padat pengunjung, seminggu sebelum hari-H
5. Akan lebih baik jika kalian membawa perlatan snorkling sendiri dan kamera under water
January 15, 2014 (hari kesatu)

Balikpapan-Berau
  • Maskapai yang melayani penerbangan PP Balikpapan (Sepinggan Airport) – Berau (Kalimarau Airport) adalah Garuda Indonesia, Lion Air/Wings Air, Sriwijaya dan Kalstar. Kami menggunakan maskapai Garuda Indonesia (jam 7 – 8 pagi). Dapat Snack dan Surat Kabar..lumayan (PP Promo = Rp 900k)
  • Di Kalimarau Airport terdapat beberapa ATM sebagai opsi kalian jika ingin mempersiapkan dana cash karena di Tanjung Batu dan Kepulauan Derawan kalian tidak bisa menemukan ATM lagi tentunya
Berau-Tanjung Batu
  • Pada jam 9 pagi, perjalanan kami lanjutkan dengan mobil carter Bang Iwan (PP Berau-Tanjung Batu = Rp 900k)
  • Jika ada kebutuhan lain yang belum siap, kalian juga bisa singgah berbelanja di Pasar Sanggang Ajidilayas Berau. Disini juga ada beberapa ATM looh
  • Selama perjalanan darat ini kalian akan melintasi hutan hujan tropis yang indah, tambang pasir putih, tambang batubara milik PT. Berau Coal, beberapa pemukiman, hamparan sawah dan sungai-sungai. Kualitas jalanannya masih ada yang rusak tapi sebagian lagi masih bagus dan Bang Iwan bisa menggeber mobilnya 80-100 km/jam hehe
  • Sesampai di Pelabuhan Tanjung Batu kalian bisa singgah makan siang di RM Maknyuus. Disini kalian harus merasakan Ikan Tongsing-nya (Kerapu Rebus), cumi2 asam manis, dan kakap bakar. Sempatkanlah membeli beberapa botol air mineral sebelum berangkat ke Derawan
Tanjung Batu – Maratua
  • Pada siang harinya, perjalanan kami lanjutkan bersama Bang Hendrik dan Speedboatnya J. Kami menggunakan speedboat berkapasitas 5 penumpang saja (Rute Tanjung Batu-Maratua-Kakaban-Sangalaki-Derawan-Tanjung Batu = Rp 2,5 jt). Bagi kalian yang tidak bernyali untuk menaiki speedboat ini maka bisa menggunkan opsi speedboat lain berkapasitas 10-15 orang, tentu harganya lebih mahal dan pesanlah jauh-jauh hari okey!
  • Sebelum ke Maratua, kami singgah sebentar di Pulau Derawan untuk menyewa peralatan snorkling di Derawan Dive Resort (Rp 50k/hari). Dan kalian juga bisa menyewanya di Toko GPS. Di toko ini kalian bisa menyewa apa saja dengan harga lebih miring
  • Sesampai di Maratua kami memilih Paradise Resort sebagai check point. Dari resort itu kami berjalan kaki melintasi kebun kelapa dan temu sapa dengan Suku Bajo yang ramah-ramah menuju Penginapan H. Sulaiman di Kampung Bohe Bukut untuk menginap satu malam (Rp 200k/kamar/malam). Penginapan ini cukup nyaman dengan masing-masing kamar memiliki WC selain itu terdapat mushola kecilnya !
  • Sore hari kami habiskan untuk jalan-jalan di sekitar Dermaga Bohe Bukut melihat anak-anak Suku Bajo dengan lincah berenang kesana-kemari, kamipun memilih berenang disekitar Paradise Resort saja sembari memberi makan Ikan Baronang dan memperhatikan penyu-penyu liar berseliweran disekitar kami. Pulau Maratua dihuni oleh mayoritas Suku Bajo (penduduk asli) beragama islam. Terdapat empat kampung utama di Maratua yakni : Kampung Teluk Alalu, Kampung Boe Silian, Kampung Bohe Bukut, dan Kampung Payung-Payung
  • Malam hari nya kami menikmati lalapan khas maratua di Warung Dangkita sekitar pnginapan. Setelah itu kami kembali ke penginapan untuk istirahat. Sebelum istirahat..kami bermain kartu remi ! haha
January 16, 2014 (hari kedua)

Maratua
  • Pagi hari, setelah check out dari Penginapan H. Sulaiman, kamipun kembali menuju ke Paradise Resort untuk check in satu malam di sana (Rp 770k/orang/malam). Kami memilih Water Villa 9 (single bed) dan Water Villa 8 (double bed plus extra bed). Dari water villa ini kalian bisa puas melihat Sunset, Turquoise, Penyu Hijau, dan Pulau Kakaban yang ter karenal. Resort ini memberikan fasilitas makan 3 kali sehari plus coffee break. Kalian juga bisa menyewa banan boat dan peralatan Diving jika kalian memilik sertifikat sebagai Diver tentunya
  • Pagi hari kami habiskan untuk latihan bersnorkling di sekitar resort karena tidak semua dari kami bisa berenang hehe
  • Sore harinya kami bersnokling di sekitar Dermaga Kampung Payung-Payung. Jika berani cobalah bersnorkling hingga area tebingnya !. Di sini kami bertemu dengan turis dari Malaysia dan Belanda.
  • Setelah puas bersnorkling kami menyempatkan masuk ke Kampung Payung-Payung untuk mengunjungi Danau H Buang. Untuk bisa menuju danau itu kita harus naik ojek (Rp 20k/motor) selama 15 menit dan dilanjutkan trekking selama 15 menit. Di sini kami didampingi Eko, salah seorang pemuda di kampung tersebut. Danau ini cukup unik, warna airnya hijau pekat dan cukup luas. Di danau ini terdapat pula ubur-ubur tidak berpenyengat dan penyu hijau yang sengaja dibiakkan oleh warga sekitar
  • Pada malam harinya setalah makan, kamipun berkumpul di Gazebo Water Villa menikmati langit malam yang cerah so kalian bisa puas melihat bulan purnama dan gugusan bintang sambil bersantai mendengar musik tanpa ada nyamuk yang mengganggu. Yang ada hanya nelayan dan penyu yang sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing
  • Seperti biasa sebelum kami istirahat..bermain kartu remi adalah hal mengasikkan yang bisa kalian lakukan haha
January 17, 2014 (hari ketiga)

Kakaban dan Sangalaki
  • Pagi hari, setelah check out dari Paradise Resort, kami lanjutkan perjalanan menuju Pulau Kakaban mumpung lautan masi pasang
  • Hanya butuh setengah jam kami sudah sampai di Pulau Kakaban yang terkenal akan Ubur-Ubur tak berpenyengat. Kalian akan dikenakan biaya masuk objek wisata oleh pemda setempat (Rp 10k/orang). Setelah berjalan 10 menit naik turun tangga dan melewati hutan lebat, kalian akan menemui indahnya Danau Kakaban. Kami pun segera bersnorkling ria sepuasnya bersama-sama ribuan ubur-ubur
  • Siangnya kami lanjutkan perjalanan ke Pulau Sangalaki. Butuh sejam perjalanan untuk tiba di Pulau Pasir Putih itu. Pulau ini terkenal sebagai rumahnya penyu. Disini kalian bisa puas bermain dengan Tukik (anak penyu). Di pulau ini juga terdapat resort yang sangat mahal. Malam harinya kalian bisa didampingi oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) atau WWF (World Wild Foundation), polisinya pulau ini, untuk melihat penyu bertelur
  • Setelah puas menikmati indahnya Pulau Sangalaki, sore harinya kami lanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan. Cuaca saat itu kurang mendukung jadi kami sempat merasakan terhempas oleh ombak-ombak berketinggian hingga 2,5 meter. Selama perjalanan kami melewati Pulau Samama dan hamparan turquoise yang indah kemudian sebelum tiba di Derawan kami sempatkan singgah di Gusungan untuk bermain pasir
  • Setelah sejam lebih perjalanan, jam 5 sore tibalah kami di Pulau Derawan yang padat pemukiman. Kamai memilih Cottage Miroliz Pelangi untuk menginap selama 2 malam (Rp 200k/kamar/malam). Cottagenya warna-warni mirip pelangi hehe, dan kami memilih kamar No 12 dan No 14 yang bersebelahan. Akhirnya di cottage ini kami bisa ketemu TV. Setelah makan malam di Billachef Cafe (ada yaita nya loh hehe), kamipun kompak kembali ke cottage untuk istirahat karena udah ngerasa lelah dan tegang seharian naik speedboat..hahaha
January 18, 2014 (hari keempat)

Derawan
  • Setelah sarapan yang disajikan oleh pihak cottage kamipun menemui Mas Samsudin (Bang Udin). Beliau adalah Guide dari GPS Team yang tinggal tidak jauh dari cottage kami menginap untuk membuat janji agar didampingi berkeliling Pulau Derawan (Rp 200k/hari)
  • Sebelum memulai petualangan bareng Bang Udin, kamipun mengenyangkan perut terlebih dahulu di RM Indah Bona (ada nasi goreng kima nya loh hehe)
  • Siang harinya kami habiskan bersnorkling di sekitar Resort Dive Cafe bersama Bang Udin. Bang Udin udah paham betul dimana spot-spot snorkling yang indah salah satunya kami dibawa melihat Kima Raksasa!. Disini pula kami bertemu Kobe turis dri Swiss.
  • Sore harinya kami habiskan berkiling pemukiman Pulau Derawan bersama Bang Udin setelah sebelumnya menyewa 4 sepeda milik Bang Udin (Rp 20k/sepeda/jam). Kami diajak melihat PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) milik PT PLN, Sumur Tua, pantai dan terakhir melihat sunset di Dermaga sekitar cottage kami menginap
  • Malam harinya setelah makan malam di RM Nur, kami diajak Bang Udin untuk melihat telur penyu menetas di sekitar resort. Kamipun diberi izin untuk melepaskan tukik-tukik yang baru menetas tersebut ke lautan ! . Setelah itu kami pun menunggu di pinggiran pantai untuk melihat penyu bertelur sambil menikmati bulan purnama dan gugusan bintang-bintang yang indah. Subhanallah!
  • Seperti biasa sebelum kami istirahat..kami lanjutkan bermain kartu remi haha. Kami pun begadang menikmati malam terakhir di Pulau Derawan ditemani semangkuk mie dan segelas kopi panas. Kalian yang suka memancing pun bisa ikut serta bersama pemilik cottage untuk memancing di lautan di tengah malam
January 19, 2014 (hari kelima)

Derawan-Balikpapan
  • Setelah sarapan yang disajikan oleh pihak cottage, kemudian kami sempatkan berbelanja di sebuah toko di sekitar cottage. Di toko itu dijual beraneka macam pernak-pernik termasuk kaos dan celana
  • Tepat jam 9 pagi Bang Hendrik menjemput kami untuk di antar kembali ke Pelabuhan Tanjung Batu
  • Sesampai di pelabuhan, Bang Iwan sudah menunggu kami untuk diantar menuju Kalimarau Airport. Selama perjalanan kami sempat singgah di RM Bone yang murah meriah
  • Sore hari jam 3 kami sudah tiba di Kalimarau Airport dan pada jam 4 sore kami sudah tiba di Balikpapan kembali. alhamdulillah

Berikut Contact Person Yang bisa membantu kalian selama Trip Ke Kepulauan Derawan
  • Agen Tiket Pesawat Huda Travel (Baqi Pradana) : Hp 0852 5067 7550 / PIN BB 763372fd